Membuat Bros Fatty Flower


Beberapa teman meminta saya untuk posting cara membuat bros. Kali ini kita akan membuat bros bunga yang gemuk, karena diisi dakron.
Langsung aja yuuk kita siapkan bahannya.

Bahan dan alat :
Perca kain. (di sini saya memakai kain kaos yang bagian muka dan belakangnya berbeda warna, bagian muka ungu, bagian belakang pink)
Dakron (kapas sintetis)
Benang sewarna kain
Jarum
Lem
Peniti bros (bentuk bulat)



Cara membuat :
1. Buatlah pola kelopak bunga di selembar karton. Gambarlah lingkaran dengan diameter 6 cm di selembar karton, lalu gunting pola tersebut.
2. Gunting perca kain sesuai pola lingkaran, sebanyak 7 buah.






3. Jahit jelujur sepanjang pinggiran kain, sehingga membentuk jahitan melingkar.
Benang jangan digunting, biarkan menjuntai dengan jarumnya



4. Isi setiap helai kain yang telah dijelujur pinggirnya dengan dakron hingga padat.



5. Jika dakron telah padat, tarik kuat benang yang masih menjuntai (sisa menjelujur tadi).
Kemudian matikan jahitan dengan membentuk simpul.



6. Lakukan hal tersebut pada keenam helai kain.



7. Untuk satu helai kain sisanya, jahit jelujur sepanjang pinggir kain, tarik benangnya dan tak perlu mengisinya dengan dakron.





8. Gabung lima buah bulatan dakron berbungkus kain dengan cara menjahitkan pada sisi bulatan (jika belum piawai menjahit, bisa dilem saja, namun hasilnya tak sebaik jika dijahit), hingga membentuk kelopak bunga.



9. Kemudian tempelkan dengan lem bulatan dakron berbungkus kain pada tengah kelopak



10. Balik bunga yang sudah hampir selesai, lalu sisipkan kain perca ke bagian tengah kelopak bunga bagian belakang, agar tidak berongga.






11. Tutup bagian belakang kelopak bunga dengan sehelai kain yang telah kita serut tadi.



12. Pasang peniti bros dengan cara mengelem.



13. Selesai sudah bros Fatty Flower.



Kita juga bisa berkreasi dengan kain perca yang berbeda.



Selamat mencoba. Sukses dan senantiasa berkreasi.


19 komentar:

  1. aaaa, terima kasih sharenya ya, nooov...mau nyobaiiin...^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. cama-cama maaaaakkk *ngomongnya sambil lari :D*
      Semoga sukses mak

      Hapus
  2. oo...... ngono yo mbak carane, tuwas wingi aku njajal tak untel2 thok, dadi sih... tapi dadi nggilani ... hahhaahah... (arik)

    BalasHapus
    Balasan
    1. whahahahaha...sekarang bikin lagi ya, semoga gak nggilani :)

      Hapus
  3. kreatif banget, bisa dijual tuh mbak :)
    salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mak, saya memang jualan bros mak.
      Salam kenal juga

      Hapus
  4. sip mbak trimakasih banyak ya ilmunya....mau deh dengan beda bentuknya saya unggu ya ...

    BalasHapus
  5. Ijin nyontek y, Mbaak :)
    Tengkiyu...

    BalasHapus
  6. aku udah tanya tukang jahit yang deket rumah katanya ga punya dekron... haduhhh harus ke kota ini mah ..menunggu suami libur deh baru bisa praktek ..masa harus bongkar salah satu boneka anakku hihihi

    thanks ya say.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mak, klo gak punya dakron, pakai kapas aja.

      Hapus
  7. Trimakasih ilmunya yo mbak..
    nanti tak praktekuin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama jeung.
      Kunanti hasil prakteknya :)

      Hapus
  8. WOWWW keren kerenn.. Buat bineka wisuda bisa Miss??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih bang Ketua :)
      Tentu bisa dunk, eh kok bineka?, bineka tunggal ika? :D

      Hapus
  9. kamu hebat, pengen bisa seperti kamu....

    BalasHapus

Copyright @ Elsenovi Menulis | Fluzu theme designed by Pirawa