Membuat Tas dari Celana Jins

Tas dari celana jins
Pas lihat celana jins kesayanganku robek lagi di bagian pahanya, aku tetap tidak rela melepaskannya, dia telah menemaniku selama bertahun-tahun *bilang aja gak mau dibuang karena ngirit*
Nah tadinya mau dibikin gorden, tapi kan kurang kainnya, trus kalau dibuat saputangan ya gak cocok, kainnya terlalu keras. Sepertinya dibuat lap pel cocok tuh. Tapi kan lap pelku dah banyak.
Setelah melewati perenungan mendalam *lebaaaaaaaaaay*, akhirnya kuputuskan untuk menyulapnya menjadi tas sandang pangan papan. Tolong dibantu ya..prok prok prok.
Mau prok prok berapa kali juga gak bakalan jadi kalau gak disiapkan bahannya.
Mari kita menyiapkan bahan dan alatnya.
Bahannya : Celana jins, ritsleting, kain furing (untuk pelapis bagian dalam tas), viselin (kain lem), perca kain, benang sulam dan kancing.
Alatnya : jarum jahit, gunting dan mesin jahit tentunya.

Bahan dan alat

Cara membuatnya mudah sekali.
1. Buatlah pola aplikasi pada selembar kertas tebal (karton).
2. Lapisi kain aplikasi dengan viselin di bagian buruk kain.
3. Jelujur aplikasi tersebut pada jins dengan menggunakan benang jahit, kemudian jahit sekeliling aplikasi dengan menggunakan tusuk feston (lebih bagus jika dijahit dengan benang sulam).
4. Setelah selesai menempelkan aplikasi, mulailah menjahit furing dan menempelkan ritsleting. (sebelum menjahitkan furing, samakan dulu besar bagian belakang celana dengan bagian mukanya, karena celana kan bagian belakangnya lebih besar dari depannya, ini untuk memudahkan kita menjahit dan tasnya bakalan rapi, tidak ada gelembung di belakang maupun bagian pesaknya, *semoga mengerti dengan penjelasanku yang lumayan ribet ini ya*)
5. Potong sisa kain celana jins (bagian lutut kebawah) untuk tali tas. Jahit dan tempelkan pada tas.

Selesai sudah tas unik dari celana jins.
Pembaca juga bisa berkreasi dengan aplikasi yang berbeda, baik bahan maupun polanya. bisa dari flanel, dari kain yang berbulu dan lain-lain.
Mari berkreasi, jangan takut hasilnya jelek, karena kita bisa "mengedit"nya atau menjadikan pelajaran untuk membuat lebih baik.
Selamat berkreasi :)

4 komentar:

Copyright @ Elsenovi Menulis | Fluzu theme designed by Pirawa