Membuat Bros Bunga

Contoh bros
(gambar diambil disini)
Tadi siang, tiba-tiba aku ingin bikin bros bunga dari renda, gara-gara lihat harga bros ini yang menurutku mahal, padahal kalau bikin sendiri biayanya hanya 50% dari harga jual.
Harga di pasaran (kalau per buah) dari Rp.15.000 s/d Rp.20.000/buah
Padahal kalau bikin sendiri harganya paling mahal Rp.10.000/buah
Kalau bikin banyak bisa Rp.8000/buah
Baiklah tanpa berpanjang lebar, yuuk kita lihat bagaimana membuatnya. Ikuti langkah-langkahnya ya.
1. Berniat dan berdoa dulu kepada Tuhan Yang Maha Esa agar hasil karyamu layak dipakai.
2. Siapkan bahan dan alat.
    Bahan : 3 atau 4 kelompok renda kain, Peniti bros, Benang sewarna kain.
    Alat : Gunting, Lem, Jarum jahit

Bahan dan alat yang diperlukan

Kalau belum tahu renda kain yang dipakai untuk bros ini, baiklah akan kuberi tahu bentuk dan rupanya
Renda seperti ini dijual di toko alat-alat jahit, satu kelompok bunga harganya Rp.2000 s/d Rp.3000
Untuk 1 buah bros membutuhkan 3 atau 4 kelompok

Renda yang dipakai untuk membuat bros bunga
Beberapa motif renda untuk membuat bros
3. Gunting 3 atau 4 kelompok bunga, lalu gabungkan semuanya menjadi satu kelompok, ikat dengan benang bagian kain tilenya.
Beberapa kelompok bunga disatukan 
(gambar adalah tampak bagian bawah bros)

4. Jika ketiga kelompok renda telah disatukan, gunting kain tile (yang berwarna putih), rapikan, sisakan 0,5 cm. Kemudian tutup dengan peniti bros (harganya cuma Rp.500/buah) dengan cara di lem (lebih bagus lem lilin/lem tembak, seperti terlihat pada gambar, tapi jika tak punya, pakai lem UHU aja)

Gambar adalah tampak bagian bawah bros
yang telah ditutup dengan peniti bros
5. Nah selesai sudah pembuatan bros dari kain, mudah dan singkat bukan?. Membuatnya hanya memerlukan waktu 20 menit/buah. Kalau sudah mahir cuma 6 menit/buah.
Saatnya mengenakan bros pada jilbab atau baju. Ini dia hasilnya


Jadi deh brosnya
*****

Jika biayanya ingin murah, kita bisa membuat sendiri rendanya, tapi agak ribet. Caranya, buat pola bunga pada sebuah karton, lalu jiplak pola tersebut ke kain tipis namun tidak lemas. Untuk 25 cm kain (lebar 115 cm) bisa dibuat sekitar 40 buah kelopak bunga.
Oh ya, agar tiras (serat kain) tidak lepas, sebaiknya kain tidak digunting, namun disolder mengikuti pola.
Kalau tidak tau solder itu apa?, klik disini
Cara pembuatannya seperti dibawah ini

1. 
Solder kain seperti kelopak bunga
untuk membuat bros, sekurangnya memerlukan 12 kelopak bunga
Kelopak bunga yang sudah disolder
dilipat menjadi dua

Setelah dilipat menjadi dua, lipat lagi.
sehingga berbentuk seperti ini
Ambil 2 kelopak bunga
Satukan bagian ujungnya
dengan cara menjahitkannya
pada kain tile

Ini tahapan dari awal hingga menjadi
serangkaian kelopak bunga
Nah jika telah menjadi rangkaian kelopak, tinggal menyatukannya seperti penjelasan diawal tadi.
Bagaimana? berminat mencoba? Selamat mencoba

30 komentar:

  1. beli rendanya dulu ah, baru coba :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. seep mak, ditunggu upload hasil karyanya

      Hapus
  2. wah kreatif banget...kapan2 di coba ah...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih, silahkan dicoba mak

      Hapus
  3. randanya itu namanya apah yaa biar enak tanya nya e toko kain :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau aku gak nyebut nama rendanya say, tinggal nunjuk aja, biasanya orang bilang renda tumpuk untuk bros (panjang ya namanya)
      oh ya belinya bukan di toko kain, tapi di toko perlengkapan menjahit say.
      selamat mencoba

      Hapus
  4. Balasan
    1. Terima kasih, semoga bermanfaat

      Hapus
  5. perlu dicoba...makasih sist

    BalasHapus
  6. Mba,♏ªų nanya,beli soldernya dimana Ƴɑ̤̥̈̊ªª?

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli soldernya di toko peralatan listrik :)

      Hapus
  7. wah mbak .. bberapa hari ni aku ge cari2 cara buat bros yg modelnya gini, alhamdulillah ketemu blog ni, bisa aku pelajari.. mkasi ya mbak....

    BalasHapus
  8. Sama dgn mba yg diatas, saya juga cari tutorial bros model gini, baru nemi nih, abis penasaran banget pengen tau cara bikinnya, ternyata udah dijual jadi ya rendanya hehe thanks a lot ya mba, wajib coba nih ;)

    BalasHapus
  9. wah terimakasih mba sudah berbagi , aq lagi belajar bikin bros juga , mw coba cari juga nih bros renda kya gini :))

    BalasHapus
  10. saya kok masih belum jelas ya mbak....detil2 memotongnya itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. potong saja membentuk kelopak bunga melati (jumlahnya 5 kelopak)...begitulah detailnya :)
      Selamat mencoba

      Hapus
  11. Beli lem tembak ny dmna Ÿ̲̣̣̣̥ά̲̣̥α̇̇̇̊ mba.harga ny kira kira brp τ̲̣̣̥н̲̣̣̣̥a̶̲̥̅̊N̤̥̈̊к̲̣̣̥ y̶̲̥̅̊O̲̣̣̥u

    BalasHapus
  12. mbak el, aku sudah coba tapi pake kain organdi sisa. lebih hemat. yg dijual mahal banget ya. cuma aku belum bisa yg pake solder. ada alternatif lain gak ya. makacih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada. Dibakar di sepanjang pinggir kain, tetapi membakarnya harus hati-hati ya. Mungkin memakai lilin kecil lebih baik.

      Hapus
  13. mba, mau tanya. Beli alat lem tembak di mana ? Dan harganya berapa ?
    Klu aku pake lem yg di bkar lewat api gitu jadi item. Hasilnya agak kurang bgs, mba. Trims, mba yg cantik. :)

    BalasHapus
  14. Sist cara penggunaannya soder ke kain gimana ??? Ga paham

    BalasHapus
  15. iya mba, pake solder nya gimana ya?

    BalasHapus
  16. sy udah cb menyolder kain sifon tp kok tdk terpotong Yāªªªª?
    bs tau merek solder yg mba pakai apa dan brp watt?

    BalasHapus
  17. infonya sangat lengkap, makasih yaaa

    BalasHapus

Copyright @ Elsenovi Menulis | Fluzu theme designed by Pirawa