Santun dan Nyaman Saat Menyusui di Tempat Umum

-->

 Tadi pagi saya melihat seorang ibu yang dengan “tanpa rasa bersalah” mengeluarkan bagian tubuhnya demi menyusui bayinya di tempat umum. Waduh sepertinya ibu ini belum tahu perlengkapan apa saja yang diperlukan untuk menyusui di tempat umum.

Ruang khusus untuk ibu menyusui yang tersedia di negara kita ini sangatlah kurang, sehingga kadang seorang ibu harus menahan malu atau risih saat harus menyusui bayinya di tempat umum. Tentulah proses menyusui menjadi tidak nyaman jika ibunya saja sudah merasa risih.

Menyusui adalah kodrat seorang wanita, dan bayi tak mau tahu saat dimanapun/kapanpun merasa lapar/haus dia akan meminta haknya untuk menyusu. Jadi hal yang wajar jika seorang ibu harus menyusui di tempat umum. Namun menjadi tidak wajar jika harus menampakkan payudaranya di tempat umum kan?. Selain memperlihatkan aurat, juga tidak sesuai dengan kesantunan umum.
Untuk itu diperlukan beberapa perlengkapan agar ibu nyaman menyusui di tempat umum.
Apa saja persiapan, perlengkapan dan yang harus dilakukan sebelum menyusui?
* Kenakan busana yang memudahkan untuk menyusui, jika memungkinkan, hindari mengenakan kaos yang tidak ada bukaan di bagian depan. Akan lebih memudahkan anda menyusui jika anda mengenakan baju yang mempunyai “jendela” di bagian puting payudara. “Jendela” ini bisa dibuka dengan mudah sehingga tidak harus menampakkan seluruh payudara anda. “Jendela itu bisa berupa ritsleting tepat di bagian putting, atau aplikasi kantong yang bisa dibuka, dll



Contoh busana menyusui, terdapat bukaan tepat di puting payudara


*Bawalah selalu nursing cover/nursing apron/breastfeeding cover/selendang besar/pashmina untuk menutupi payudara anda.

Beberapa contoh nursing cover


*Jika anda mengenakan jilbab, pilihlah jilbab yang cukup besar dan panjang, sehingga mudah saat menyusui. Pastikan bayi anda nyaman saat menyusui.
*Pilihlah tempat yang terlindung dari lalu lalang orang. Duduklah menghadap tembok atau benda yang tidak dilewati orang.

Dengan memperhatikan perlengkapan/persiapan menyusui, maka ibu menyusui tak lagi risih saat harus menyusui di tempat umum, dan tidak membuat orang yang melihatnya menjadi risih pula.

Semoga bermanfaat

Wallahu a’lam bishshawab

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright @ Elsenovi Menulis | Fluzu theme designed by Pirawa