Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru di Usianya Yang Ke 3


Tidak terasa telah 3 tahun saya bergabung dengan Blogger Bertuah. Blogger Bertuah adalah sebuah komunitas blogger (orang yang mempunyai blog di internet) di Pekanbaru. Kami disatukan oleh adanya satu kesamaan yaitu, hobi ngeblog. Ada banyak hal yang melatari hobi ngeblog para anggota Bertuah. Saya ngeblog karena saya gemar menulis, sementara beberapa teman menggunakan blog sebagai sarana untuk mendapatkan penghasilan, ada pula yang ngeblog sebagai selingan diantara kesibukan hari-harinya.
Anggota komunitas Blogger Bertuah berasal dari beragam profesi. Ada PNS, karyawan bank, guru, penyiar radio, pegawai swasta, mahasiswa, pelajar, penjahit dll.

Syarat untuk diterima menjadi anggota Bertuah pun sangat sederhana, yaitu mempunyai blog yang diupdate minimal sebulan sekali. Sederhana bukan?

Isi blog kami pun beragam, ada blog diary, blog dengan format seperti majalah, blog tentang wisata, photo blog, dsb sesuai dengan minat dan tujuan si empunya blog.
Bergabung di komunitas Blogger Bertuah, memberi banyak manfaat bagi saya, antara lain banyak mengenal orang baru yang kemudian menjadi teman (bukankah banyak teman, banyak rejeki?), mendapatkan ilmu, berbagi suka duka dan banyak lagi.

Saya sadar (sesadar sadarnya) bahwa dalam komunitas ada banyak kepala, maka saya tidak bisa memaksakan pendapat saya untuk diterima, semua pendapat akan dikembalikan ke forum dan aturan yang telah disepakati di komunitas. Ya semacam musyawarah untuk mufakat.
Adanya beda pendapat diantara para anggota atau pengurus itu adalah hal biasa terjadi dalam satu komunitas. Karena memang ada banyak kepala, yang tentu saja akan ada banyak ide, banyak tujuan, banyak kepentingan. Dan semuanya akan baik-baik saja bila dibicarakan dengan bahasa yang santun, dengan menjunjung tinggi berbaik sangka dan tentu saja meluruskan kembali niat berkomunitas.

Saya mencoba mengingat bagaimana pertama kali saya bergabung dalam komunitas Blogger Bertuah ini. Lupa kapan tepatnya, saya diundang untuk datang ke Kantor Bapeda Pekanbaru, untuk acara kopdar blogger Pekanbaru.
Setelah pertemuan itu kemudian menyusul kopdar-kopdar selanjutnya, bukan hanya dengan blogger Pekanbaru, namun ada juga beberapa blogger luar daerah, bahkan luar negeri.
Dulu kami memilih tempat umum untuk lokasi kopdar, namun, Alhamdulillah setelah ada sekretariat Blogger Bertuah (yang juga merupakan kediaman salah seorang pengurus), kegiatan pertemuan dan rapat menjadi lebih leluasa.

Tahun ini usia komunitas Blogger Bertuah memasuki 3 tahun. Masih muda memang, masih banyak hal yang harus kami pelajari dan benahi. Namun melihat kesungguhan penggurus dan anggotanya, saya optimis kami bisa memberikan kontribusi maksimal bagi masyarakat sebagai perwujudan fungsi sosial komunitas.

Ada beberapa rangkain acara offline yang akan kami sajikan dalam rangka ulang tahun ke 3 Blogger Bertuah, yaitu :

1.  Bincang Santai “Pekanbaru Menuju Kota Metropolitan”, 18 Pebruari 2012
Acara ini digelar di Aula Bappeda Kota Pekanbaru. Rencananya acara ini akan dihadiri Walikota Pekanbaru H. Firdaus ST. MT, sebagai narasumber utama yang akan berbincang santai dengan beberapa komunitas, kalangan media, seniman, budayawan, mahasiswa dan akademisi.

2. Donor Darah dan Cek Kesehatan Gratis, 19 Pebruari 2012
Mengambil lokasi di jalan Diponegoro, Komunitas blogger Bertuah bekerja sama dengan PMI dan Fakultas Kedokteran Universitas Riau akan menggelar aksi donor darah dan cek kesehatan gratis bagi masyarakat umum.

3. Seminar UKM Go Riau Go Online, 04 maret 2012.
Dengan harapan agar para pelaku UKM di Riau akan lebih terbuka wawasannya untuk mengembangkan usaha mereka melalui internet, Maka pada acara ini Blogger Bertuah menghadirkan nara sumber Nukman Luthfie, seorang pakar strategi pemasaran online dan pemerhati media, pembicara dari PANDI (Pengelola Nama Domain Indonesia) dan dari pihak pemerintah daerah.
Acara ini rencananya akan dilangsungkan di Aula Bappeda Kota Pekanbaru.


Semoga rangkaian acara yang akan kami gelar mulai tanggal 18 Pebruari 2012 hingga tanggal 4 Maret 2012 ini akan mendekatkan komunitas Blogger Bertuah pada masyarakat dan semakin dapat memberikan manfaat.

Selamat Ulang Tahun  Komunitas Blogger Bertuah, saya bangga menjadi bagian dari Blogger Bertuah.

2 komentar:

  1. met milaad bertuaah ^^
    wahhh udah 3 tahun yah tak terasa.. 3 tahun juga kenal anak2 bertuah..
    semoga makin jaya dan eksis teruss.. amiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih say...hayuk hadir di ultah Bertuah

      Hapus

Copyright @ Elsenovi Menulis | Fluzu theme designed by Pirawa