Apakah Menikah Itu Harus Mencintai Dahulu?

Jangan tanya padaku cinta itu apa. Aku tidak dapat mendefinisikannya. Yang pasti aku mendefinisikan, aku sedang jatuh cinta kalo aku ingin memilikinya dan merasa kehilangan saat dia tak ada trus sering merasa kangen padanya. Hal ini tidak hanya berlaku pada lawan jenis ya, tapi juga pada benda dan mahluk hidup lainnya.
Nah kalau definisi cinta seperti itu, maka jika ditanya kapan pertama kali aku jatuh cinta?, jawabnya saat aku TK. Aku jatuh cinta pada Kak Seto Mulyadi, itu lho, yang pemerhati masalah anak-anak. Hehehe...Saat itu Kak Seto terlihat sempurna di mataku, mungkin aku jatuh cinta karena poni Kak Seto ya?.  tapi yach itu kan pandangan anak yang belum bisa berpikir secara dewasa.


Setelah melewati masa baligh, aku merasa pernah jatuh cinta, masih tetap dengan orang yang usianya jauh lebih tua dariku, aku jatuh cinta dengan guru PMP ku saat di SMA (duh habis ini aku bakalan diolok-olok oleh teman SMA ku nih, siap-siap akh). Tapi kayaknya saat itu aku lebih tertarik pada fisiknya yang keren deh, wajahnya bisa jadi photomodel sampul majalah pria dewasa (bukan majalah kartun ataupun majalah pertanian), trus semakin kagum saat mengetahui beliau itu pintar (cowok klo pintar itu keliatan keren, klo cewek kan oon pun keliatan keren juga..heheh..)

Nah memasuki usia 20 an, aku malah merasa gak pernah jatuh cinta , tapi mengagumi kegantengan cowok sih sering. Sering banget malah, maklum  pas usia 20 an gitu kan orang lagi mekar-mekarnya lagi cantik- cantiknya, lagi ganteng- gantengnya.

Saat memasuki usia 30 tahun, aku baru memikirkan menikah, di saat teman-teman mulai ”hilang dari peredaran” satu persatu karena menikah. Tinggal aku sebiji yang belum menikah, hickz. Wah sempat panik, tapi kan menikah itu harus ada 2 orang, trus siapa yang akan kuajak menikah?. Pas lagi mikir gitu tiba-tiba ada teman yang ngajak menikah, whew pucuk dicinta nikah tiba..eh salah ya peribahasanya? :D
Namun setelah menimbang, membungkus dan membayar, aku putuskan menolaknya.
Alasannya??? Wah gak perlu dibeberkan (kayak tikar aja dibeber) disini.

Lalu usia beranjak dewasa (gak mau disebut tua), eh ada lagi pria dewasa yang berminat menikahiku, tapi kutolak karena ngomongnya kok gak nyambung ya denganku ya?.
Aku ngomongin Justin Bieber, eh dia ngomong pak Bondan mak nyuuuss. Trus aku ngomong soal Yoga, dia malah menimpali soal karambol, Aku ngomongin pilem Laskar Pelangi, dia ngomong pilem Suster Ngesot Sedang Kramas. Doh kalo ngomongnya gak nyambung gini bagaimana bisa nikah?. Ntar aku ngomongin soal anak, dia malah njawab tentang hama wereng, kan berabe ya.

Trus pernah juga percaya diri aku sedang jatuh cinta pada seseorang hanya karena aku deg deg an saat berada di sampingnya. Kok ya aku gak mikir, klo aku gak deg deg an kan artinya aku bergelar Almarhumah. Nyaris mau nikah tuh, tapi karena dasar keinginan menikahnya gak jelas, ya bubar juga akhirnya.

Nah dari pelajaran jatuh cinta yang gak jelas definisinya itu aku menyimpulkan menikah itu bukan karena faktor cinta, tapi karena faktor kesamaan tujuan dan komitmen.
 Kalau jelas tujuan hidupnya sama, kemudian jelas cara meraih tujuan hidupnya sama dan berkomitmen untuk bersama meraih tujuan itu, dah gak perlu tanya lagi, ajak aja langsung ke KUA , eh gak semudah itu ding.
Terusin sendiri deh pren tentang cinta ini, soalnya Cuma sebatas ini yang kutahu.
Yang pasti sekarang aku sedang menikmati indahnya perasaanku dengan orang yang menyenangkan dan hebat.  Siapakah orang yang menyenangkan itu???...KAMU...ya kalian semua menyenangkan bagiku :)




1 komentar:

  1. weeh mantap Mbak :)
    pengalaman kok hampir sama....
    ya mungkin harus gitu kali ye :)

    BalasHapus

Copyright @ Elsenovi Menulis | Fluzu theme designed by Pirawa