Hijab Undel-Undel Tur Ting Slawir?


Saya sudah pernah menulis tentang hijab disini dan disini Kali ini saya menulis kembali tentang hijab dengan topik yang berbeda.

Saat memutuskan untuk mempublikasi tulisan ini di blog pribadi, semuanya didasari oleh semangat ingin berbagi. Hanya ingin berbagi dengan pembaca tentang sesuatu yang saya pahami, bukan ingin menghakimi, apalagi menghina.

Sebagai orang yang bergerak di bidang fashion, kami (saya dan seorang teman usaha) banyak membeli majalah-majalah yang memuat model busana wanita sebagai bahan “contekan”dan mengambil ide.
Karena kami memang mengkhususkan diri menjahit baju muslim/muslimah, maka majalah yang kami beli adalah majalah yang banyak memuat model busana muslim.
Namun lama kelamaan kok saya menjadi sedih saat melihat trend berhijab akhir-akhir ini.
Kenapa trendnya menjadi banyak menyalahi aturan busana muslimah?
Menurut saya semakin lama kok gayanya semakin berlebihan ya?.
Dari model kerudung yang diundel-undel, ditumpuk-tumpuk, dilipat-lipat, sampai penambahan asesori di kepala segede baskom.
Belum lagi jika ada yang memakai kerudung dengan tambahan untaian manik-manik yang ting slawir (menggantung di sana-sini) di kepala.
Namun walau bertumpuk-tumpuk tapi tidak sempurna menutup dada.

Allah itu indah dan menyukai keindahan. Namun dalam hal manusia berusaha memperindah sesuatu, Allah menetapkan aturan.
Beberapa syarat yang perlu diperhatikan dalam berhijab yang sesuai dengan syariat Islam, yaitu sebagai berikut :

1.Menutupi seluruh tubuh, kecuali wajah dan kedua telapak tangan (QS. Al Ahzab/33:59)
Sabda Rasulullah : "Wahai Asma!, sesungguhnya apabila seorang wanita telah haidh (sudah baligh), maka tidak boleh terlihat darinya ini dan ini"
Kemudian Rasulullah menunjuk wajah dan telapak tangan beliau.

2. Bukan berfungsi sebagai perhiasan.(QS An Nur/24:31)
Sabda Nabi : "Ada tiga golongan, jangan engkau tanya tentang mereka (karena mereka golongan orang-orang yang binasa). Seorang istri yang suaminya sedang tidak ada, padahal suaminya telah mencukupkan kebutuhan duniawinya, namun setelah itu dia bertabarruj (bersolek untuk laki-laki yang bukan mahromnya), maka janganlah engkau tanya tentang mereka.
Dalam bahasa sederhana saya tuh gini lho : salah satu fungsi hijab kan untuk menutupi "perhiasan" (bentuk tubuh dan perhiasan yg melekat di tubuh yang harus ditutupi) agar tidak menarik perhatian. Tapi lha kok malah penutupnya dibikin heboh dan sengaja dibuat untuk menarik perhatian... lha iki trus njuk piye tho?

3. Bukan pakaian syuhrah (untuk mencari popularitas).
Ini berdasarkan hadits Ibnu Umar. Ia berkata, "Rasulullah SAW bersabda : Barang siapa yang memakai pakaian syuhrah (untuk mencari popularitas) di dunia, niscaya Allah mengenakan pakaian kehinaan kepadanya di hari Kiamat lalu membakarnya dengan api neraka"

4. Tidak memakai pakaian yang ada gambar mahluk hidupnya.
(disarikan dari majalah As-Sunnah, no 11/THN. XVI, Rabiul Akhir 1434)

Dari beberapa buku yang saya baca, diutamakan memakai pakaian berwarna gelap. Wallahu a'lam

Jadi jika Allah telah menetapkan syarat seperti tersebut diatas, sejatinya tak lagi ada yang berlebih-lebihan dalam berhijab.
Sebenarnya masih ada banyak syarat yang belum saya cantumkan disini, namun semoga beberapa syarat yang sudah saya tuliskan dapat menjadi bahan renungan kita (terutama saya), apakah gaya berpakaian kita telah syar'i?

Untuk apa sih kita sibuk berjam-jam didepan cermin mematut diri demi tampil genjreng wah membahana jika apa yang kita kenakan dilaknat Allah?
Bukankan sederhana itu indah?

Semoga kita semua dapat istiqomah hidup sesuai aturan Allah.

*Terima kasih buat #beliau yang telah banyak memberikan buku-buku bermanfaat.
Semoga Allah memudahkan kita untuk mengamalkannya*





39 komentar:

  1. 100% setuju.. Semoga kita bisa selalu istiqomah ya mbak

    BalasHapus
  2. thanks else, btw ikut ke solo nga? mudah-mudah an ikut lagi

    salammm

    chandra iman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengennya ikut kang...tapi sepertinya gak ikut :D #labil

      Hapus
    2. yahhhhhhh nga seru ga ada elseeee

      Hapus
  3. Mbak Nofi, follow back ya blog ku. Biar ada polowernya :)
    http://sandee-fiola.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. Sungguh saya sangat berterimakasih atas pencerahannya.

    BalasHapus
  5. kangen juga dah lama gak main kesini

    BalasHapus
  6. infonya sangat bermanfaat sekali gan, makasih. beritanya bagus dan sangat menarik sekali untuk di baca.

    BalasHapus
  7. Teriamakasih infonya. semoga bermanfaat buat kita semua. salam sehat!! Informasinya sangat menarik sekali.

    BalasHapus
  8. semoga dapat ebrmanfaat dan menjadi inspirasi.. terima kasih ya gan infonya semoga makin jaya..

    BalasHapus
  9. alhamdulillah saya juga mulai belajar pake jilbab yang bener
    tapi masih belum bisa pake baju yang gelap2, masih pake baju yang agak gelap

    BalasHapus
  10. terima kasih atas informasinya. Sukses ya Terimakasih banyak telah berbagi informasnya,sukses selalu untuk info beserta websitenya,,

    BalasHapus
  11. semoga dapat ebrmanfaat dan menjadi inspirasi.. terima kasih ya gan infonya semoga makin jaya..

    BalasHapus
  12. bagus sekali informasi yg agan berikan sangat menarik dan bermanfaat thanks gan, ijin share berbagi info :)

    BalasHapus
  13. teirma kasih banyak karena sudah berbagi berita yang sangat menarik. terima kasih banyak atas beritanya.

    BalasHapus
  14. semoga dapat bermanfaat buat kita semua. Amin . . . . artikelntya sangat bagus sekali. Senang sekali berkunjung ke website anda.

    BalasHapus
  15. selamat datang bulan desember!! semoga bulan ini membawa berkah dan membukakan pintu kesuksesan serta kebahagiaan untuk kami semua. Amiin,

    BalasHapus
  16. teirma kasih banyak karena sudah berbagi berita yang sangat menarik. zaman sekarang sudah jarang menemukan blog yang isinya penuh manfaat seperti ini, keren!!

    BalasHapus
  17. Terimakasih atas informasinya :) semoga sukses slalu .. Ditunggu informasi menarik selanjutnya :) senang berkunjung ke website anda, terimakasih.

    BalasHapus
  18. terima kasih atas informasinya. Sukses ya..!! Dan Terimakasih banyak telah berbagi informasnya, Semoga Makin Keren selalu untuk info beserta websitenya,,

    BalasHapus
  19. teirma kasih banyak karena sudah berbagi berita yang sangat menarik. zaman sekarang sudah jarang menemukan blog yang isinya penuh manfaat seperti ini, keren!!

    BalasHapus
  20. Terimakasih, artikelntya sangat bagus sekali. Senang sekali berkunjung ke website anda. semoga dapat bermanfaat buat kita semua. Amin . . . . :D :D

    BalasHapus
  21. bagus sekali informasi yg agan berikan ini. Jelsa sekali sangat menarik dan bermanfaat. thanks gan!! Thanks banget!! ijin share berbagi info :)

    BalasHapus
  22. bagus sekali informasi yg agan berikan ini. Jelsa sekali sangat menarik dan bermanfaat. thanks gan!! Thanks banget!! ijin share berbagi info :)

    BalasHapus
  23. terima kasih atas informasinya. Sukses ya..!! Dan Terimakasih banyak telah berbagi informasnya, Semoga Makin Keren selalu untuk info beserta websitenya,,

    BalasHapus
  24. jelaaaaassssss sekali sangat menarik dan bermanfaat.

    BalasHapus
  25. infonya sangat bermanfaat sekali gan, makasih. beritanya bagus dan sangat menarik sekali untuk di baca. Ijin share ya gan, thanks..semoga semakin bermanfaat!

    BalasHapus
  26. "Kasih sayang sebagai seorang ayah mampu menahan beban hidup untuk kebahagiaan anaknya." Sekalian Blogwalking ya, gan? semoga hari ini penuh berkah.. Amiinn

    BalasHapus
  27. Terimakasih atas semua artikel bermanfaat yang sudah anda publikasikan melalui blog yang menarik ini, saya tunggu postingan selanjutnya, have a nice day, kawan :)

    BalasHapus
  28. terimakasih banyak ya? sudah berbagi cerita & berita yang sangat menarik. akhir-akhir ini sudah jarang mendapati blog berisi artikel manfaat seperti ini, keren!!

    BalasHapus
  29. Terimakasih atas informasinya :) semoga sukses slalu .. Ditunggu informasi menarik selanjutnya :) senang berkunjung ke website anda, terimakasih. sekali lagi thanks.

    BalasHapus
  30. Terimakasih, postingan-nya sangat bagus sekali. Senang sekali berkunjung ke blog anda. saya bantu share ya gan? semoga dapat bermanfaat buat kita semua. Amin :D :D

    BalasHapus
  31. Sebentar lagi hari raya idul adha akan tiba, jangan lupa puasa arafah bagi yang muslim, semoga tahun ini membawa berkah dan kebahagiaan. Keep posting, gan..

    BalasHapus
  32. Nice share nih juragan.. keep posting, semoga postingannya selalu memberikan banyak manfaat untuk banyak orang. amiiinnn.. ^_^

    BalasHapus
  33. Terimakasih atas informasinya :) semoga sukses slalu .. Ditunggu informasi menarik selanjutnya :) senang berkunjung ke website anda, terimakasih. sekali lagi thanks.

    BalasHapus
  34. Ulasannya sangat menarik. Senang sekali dapat berkunjung ke laman web yang satu ini. Ayo kita upgrade ilmu internet marketing, SEO dan berbagai macam optimasi sosial media pelejit omset. Langsung saja kunjungi laman web kami sboplaza.com ya. Ada kelas online nya juga lho. Terimakasih ^_^

    BalasHapus
  35. nice post, kawan.. jangan lupa kunjungan baliknya ya?? saya tunggu, terimakasih. Hhihihihihihi

    BalasHapus
  36. hai kawan, inspiratif nih postingannya, pengen deh belajar buat blog dengan konten berkualitas kayak punya agan... sip banget!!

    BalasHapus

Copyright @ Elsenovi Menulis | Fluzu theme designed by Pirawa