Perjalanan (Postingan Terakhir di Tahun 2012)


Hobi saya selain membaca dan tidur adalah berjalan-jalan ke tempat yang belum pernah saya singgahi. Saya selalu menikmati, takjub bahkan terkejut saat mengetahui hal-hal baru serta kebiasaan orang di suatu daerah.
Sejak SMP saya gemar kirim surat ke Kedutaan Besar dari berbagai negara (saat itu saya sangat tertarik dengan negara-negara kecil di Eropa). Beberapa buku dan brosur dari berbagai Kedubes masih saya simpan hingga kini.
Mimpi saya ini, saya petakan dalam beberapa rencana dan langkah. Sangat tidak mulus dalam kenyataannya, dari yang tidak diijinkan orang tua untuk bepergian sendiri ke luar negeri, kendala waktu atau tabungan saya terkuras untuk hal yang lebih penting dan urgent. Mimpi ini masih saya pelihara hingga kini. Sebagai "pelampiasannya" saya ikut bergabung dalam komunitas Backpacker, berharap saya bisa memetik ilmu bepergian dengan baik dan benar (dan berbudget "miring" #penting).


Ini salah satu buku dari kedubes Hungaria yang masih saya simpan
Usianya dah berpuluh tahun, soalnya ngirimnya pas jaman jadul

Postingan kali ini bukan bercerita tentang keinginan saya untuk berjalan-jalan, namun ingin berbagi tentang perjalanan hidup.
Hidup kita tak ubahnya sebuah perjalanan panjang, yang memerlukan bekal agar perjalanan kita terasa nyaman dan aman.

Hidup kita saat ini sedang berada di penghujung tahun. Siap tidak siap kita akan menghadapi tantangan baru. Bilangan usia pun semakin berkurang. Apa yang telah kita perbuat pada bertahun-tahun kehidupan kita yang telah berlalu itu?. Sudahkah kita memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya dan sebenar-benarnya?

Situasi ekonomi dan politik negeri ini memberikan sedikit gambaran eksternal yang pasti akan mempengaruhi kehidupan pribadi kita. Pengalaman, juga semestinya mengajarkan kita untuk semakin bijak menyikapi hidup dan kehidupan.

Lalu apa pula yang kita persiapkan di tahun yang baru?. Terompet?, kembang api?, pesta?, atau berkendara keliling kota tanpa mengindahkan keamanan?. Semoga pembaca sekalian bukanlah orang-orang yang mudah terseret dalam euforia tahun baru seperti kebanyakan orang ya.

Saya adalah salah satu orang yang seumur hidup tidak pernah mempersiapkan dan merayakan tahun baru dengan terompet, kembang api, pesta, bakar-bakaran (baik membakar jagung, ayam, petasan atau membakar menyan). Kami (saya dan keluarga) melewati tahun baru seperti hari-hari sebelumnya. Tidak pernah dengan sengaja menunggu datangnya pukul 24.00, kalau sudah ngantuk ya tidur, kalau masih ada pekerjaan ya kami kerjakan malam itu juga. Biasa saja.

Acara seperti itu bagi saya kok rasanya jauh dari manfaat ya?.
Halah! kan setahun sekali! Mungkin begitu dalih yang lain. Ya itu saya serahkan pada masing-masing pribadi. Sampai saat ini saya tetap memilih mengekspresikan semangat saya dengan menulis rencana-rencana, detail dengan langkah-langkah untuk mewujudkannya (dan tidak harus di penghujung tahun menuliskannya).
Alangkah indahnya jika semangat yang menggelora itu dijadikan bekal meniti langkah menggapai asa, mewujudkan mimpi dan harapan.

Apa resolusi teman-teman untuk tahun depan?. Melanjutkan rencana-rencana yang belum tercapai di tahun ini atau ada sebuah rencana besar?
Apapun rencana teman-teman, selama itu mengandung kebaikan, Insya Allah, Allah akan memberi kemudahan. Jangan lupa untuk senantiasa berikhtiar maksimal yang terbungkus dalam untaian doa.

Karena hidup tak ubahnya perjalanan, maka akan ada beberapa pemberhentian untuk mengevaluasi dan recharge.
Akan ada banyak kejadian yang diluar dugaan kita, ada banyak peristiwa yang membuat kita membelokkan langkah mencari jalan alternatif dan banyak lagi kejadian-kejadian yang membuat kita harus berpikir kreatif.
Semoga perjalanan yang kita tempuh adalah perjalanan dengan tujuan menggapai RidhoNYA.
Selamat menjalani perjalanan hidup, semoga berkah.

Wallahu a'lam

11 komentar:

  1. backpacking ke Estonia mbak! Negara kecil juga hehe.. saya bisa jadi guide disana (saat ini sih) :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mauuuuuuuuuuuuuuuuuu. Tapi?...tapiiiiiiii? *ngitung uang di dompet* , hahaha alasan klasik ya kang

      Hapus
  2. selamat datang bulan Januari!! semoga bulan ini membawa berkah dan membukakan pintu kesuksesan serta kebahagiaan untuk kami semua. Amiin, amiiin..

    BalasHapus
  3. terima kasih atas informasinya. Sukses ya..!! Dan Terimakasih banyak telah berbagi informasnya, Semoga Makin Keren selalu untuk info beserta websitenya,,

    BalasHapus
  4. Terimakasih, artikelntya sangat bagus sekali. Senang sekali berkunjung ke website anda. semoga dapat bermanfaat buat kita semua. Amin . . . . :D :D

    BalasHapus
  5. Terimakasih atas informasinya :) semoga sukses slalu .. Ditunggu informasi menarik selanjutnya :) senang berkunjung ke website anda, terimakasih. sekali lagi thanks.

    BalasHapus
  6. teirma kasih banyak karena sudah berbagi berita yang sangat menarik. zaman sekarang sudah jarang menemukan blog yang isinya penuh manfaat seperti ini, keren!!

    BalasHapus
  7. Postingan ini sangat bermanfaat, memberikan informasi mengenai hal yang belum diketahui. Semoga postingan ini bisa memberikan motivasi untuk selalu ingin tahu.

    BalasHapus
  8. terima kasih atas informasinya. Sukses ya..!! Dan Terimakasih banyak telah berbagi informasnya, Semoga Makin Keren selalu untuk info beserta websitenya,,

    BalasHapus
  9. Terimakasih atas informasinya :) semoga sukses slalu .. Ditunggu informasi menarik selanjutnya :) senang berkunjung ke website anda, terimakasih. sekali lagi thanks.

    BalasHapus
  10. nice post, gan... Keep posting!!

    BalasHapus

Copyright @ Elsenovi Menulis | Fluzu theme designed by Pirawa