Sak Dek Sak Nyet

Gambar diambil di sini


Almarhumah ibuku, semasa hidupnya sering berkata padaku “Kok senangnya sak dek sak nyet”.
Sak dek sak nyet adalah sebuah kosa kata dalam Bahasa Jawa yang artinya disaat mempunyai keinginan, saat itu juga harus dilaksanakan.

Dulu sih aku abai dengan julukan sak dek sak nyet, tapi akhir-akhir ini mulai kurasa Almh. ibuku benar menyematkan julukan itu padaku.
Bulan ini aku sering sak dek sak nyet (padahal seringnya kan dah dari dulu ya, baru nyadar sekarang)
Dimulai dari tiba-tiba ingin mencoba masker telur untuk tubuh. Kebetulan ada telur ayam kampung. Aku hanya ingin merasakan bagaimana sih kalau badan dimaskerin pakai telur?. Selama ini aku hanya memakai masker telur untuk wajah saja, hasilnya lumayan, lembut dan kencang *tsaah*.
Sebelum memecahkan cangkang telur, aku sudah berpikir, setelah maskeran harusnya mandi dengan air rebusan pandan dan sirih, untuk menghilangkan bau amisnya. Tapi ya karena sak dek sak nyet tadi, aku ingin maskeran saat itu juga, jadi aku tidak menyiapkan air rebusan pandan dan sirih.
Hasilnya??,Amis. Yup!, amis bau telur mentah, walau setelah maskeran aku mandi dengan sabun, tapi tetap saja masih tercium bau amisnya.
Jadilah saat itu juga, kira-kira pukul 21, aku bergelap-gelap ria ke kebun di belakang rumah untuk mengambil beberapa lembar daun pandan dan serai, lalu ke halaman samping untuk memetik daun sirih. Ketiga bahan tadi kurebus di panci besar.
Coba jika aku tidak sak dek sak nyet, pastinya aku tak perlu bergelap-gelap ria dan tidak tersiksa dengan bau amis .

Sekarang ini aku sedang gemar-gemarnya bikin pernak-pernik dari kain dan felt. Suatu malam, tiba-tiba punya ide membuat tas dari celana jins yang sudah robek di bagian pahanya. Malam itu juga aku mengerjakan, padahal beberapa bahan belum tersedia, seperti ritsleting untuk tas, kain perca dengan motif yang kuinginkan dan lain-lain.
Di studio jahit banyak sekali kain perca, namun karena ide ini muncul di malam hari, disaat aku sudah ada di rumah, maka yang ada hanya perca batik (karena aku selalu menyimpan perca batik di rumah).
Akhirnya tas dari celana jins jadi juga, namun aplikasinya kurang memuaskan karena warnanya kurang cerah, ini disebabkan oleh bahan aplikasi yang kugunakan memang tidak ada yang berwarna cerah. Jika aku mau menunggu hingga pagi, aku bisa mendapatkan bahan aplikasi yang kuinginkan di studio jahit.

Walaupun sak dek sak nyet tidak selamanya buruk (baiknya adalah orang yang sak dek sak nyet adalah pantang menunda mengerjakan suatu pekerjaan), namun merencanakan sesuatu berikut langkah-langkahnya tentu akan menuai hasil yang maksimal.

Hidup adalah lahan pembelajaran, tempat memungut hikmah, setidaknya dengan peristiwa tersebut, aku paham bahwa ada saatnya harus menahan untuk mengerjakan sesuatu, karena beberapa sebab. Jika ngeyel mengerjakan saat itu juga maka hasil yang didapat tidak maksimal.

Apakah pembaca juga pernah mengalami sak dek sak nyet?

9 komentar:

  1. sering..
    pas pipis, sak (nga)dek sak nyet :p

    BalasHapus
  2. ih sama dong mbak!
    baru kemarin pas udah bikin bahan isi lumpia, pas liat freezer, eh kulit lumpianya gak ada yg bagus. tengah malam itu juga bikin kulit lumpia sendiri. akhirnya yaaaa, gitu deh, gak bagus T____T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya say, kadang kita kayak gitu, maunya kerja cepat, tidak ditunda, padahal dah tau resikonya, hasilnya tidak maksimal

      Hapus
  3. sy juga suka gitu kl lagi gak males :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha.... klo lagi males gak sak dek sak nyet ya mak

      Hapus
  4. aku mbakkk .. sampe pak'e bilang ya itu istilahanya
    mau apa saat itu juga kudu dilaksanakan/dapat
    banyak bagusnya, jeleknya dikit kok hehehe

    abis klo pake ditunda2 jadi males aja sih bawaanya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo gitu kita tooos dulu jeung..

      Hapus
  5. ӏ hаνе bеen explоring fоr a littlе bit for аnу
    high quality aгtіcles оr blog ρosts in this kind
    of houѕе . Exрloгing in Υahоo I at lаst stumbleԁ upοn thiѕ sitе.
    Studуіng this іnfo So i'm glad to express that I'ѵe an
    incгеdibly excellеnt uncanny feeling I cаme upon exасtlу
    whаt I neeԁed. ӏ most undoubtеdlу ωill makе suгe
    to do nοt fοгget this site аnԁ pгovidеs it a glance гegularly.



    my web pаgе rocket spanish

    BalasHapus

Copyright @ Elsenovi Menulis | Fluzu theme designed by Pirawa